Senin, 27 Mei 2013

cara membuat Power Amplifier sederhana

untuk membuat power amplifier tidak perlu mempunyai ke ahlian di bidang elektronika, sebab di pasaran sudah banyak yang menjual komponen kit yang sudah  jadi,  kita tingal pilh di pasaran dari power amplifier yang 65watt samapai yang 500watt, dan kita tinggal pilih di pasaran.
cara merakit power amplifier.
siapkan peralatan untuk merangkai power amplifier sederhana.
sebelum kita merakit siapkan peralatan-peralatan untuk membuat power amplifier. siapkan solder tenol/platri kabel secukupnya dan lem kastol 1 box power obeng - dan +.
komponen-komponen yang di butuhkan untuk membuat power amplifier.
siapkan travo 5A CT dengan ouput AC 18v-25v-32v. dan di belakangnya 0 110 220. jalur ini yang akan menghubung kelistrik. dan 18-25-32 yang ke power amplifier
komponen power kitt silahkan pilh di pasaran mau yang watt berapa 150wat atau 300 wat terserah sobat. tapi ingat pilih yang sudah lengkap lihat contoh gambar di wah ini.

power+amplifier
setelah bahan-bahan untuk membuat power amplifier terkumpul, selanjutnya kita rangkai komponen-komponen tersebut.
pertama pahami tulisan-tulisan yang tertulis di bagian rangkian kitt yang ada di bagian PCB. temukan tulisan DC18v + DC18- dan 0groun.  dan ada juga  32v+ 32- kalau sudah ketemu selanjutnya hubungkan travo misal kan di rangkaian kit DC nya 18v hubungkan ke travo 18v dan yang tulisan 0groun hubungkan ke travo yang 0 CT.
setelah jalur DC terhubung cari lagi di tulisan SP ouput, dan groun biasanya ada dua jalur  kita hubungkan ke speaker groun ke -speaker dan SP + ke +speaker. ingat jangan samapai jalur yang menghubung ke speaker jangan sampai konsleting. dapat menyebabkan komponen-koponen rangakaian power amplifier rusak.
setelah selesai menhubungakan jalur speaker. lanjut kepencarian tulisan input. nah jalur input inilah yang menghubung ke CD,DVD, radio atau juga bia ke hp. setelah semua terhubung kita coba dengan mencolokan trvo ke listrik. selanjut nya mengnal fungsi tenkontrol pada power amplifie. volume untuk mengeraskan atau mengecilkan suara. trible untuk mengatur trible dan bass dan terakhir balance silahkan di coba2 sdri.
nah selamat mencoba jika masih ada yang kurang di pahami silahkan tulis di kotak komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar